Categories
Uncategorized

Cara Penting Merawat Genset 3 phase, No.6 Paling Penting

Sebab harga Genset 3 phase yang tidak murah, maka Anda harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan tepat. Melakukan perawatan dengan tepat akan membuat usia genset bertahan lebih lama dan Anda bisa menghemat banyak biaya. Lantas bagaimana cara merawatnya agar tidak mudah rusak? Ini ulasannya untuk Anda:

  • Mematikan mesin genset ketika dirasa tidak normal

Cara merawat genset 3 phase terbaik yang pertama yaitu nada bisa langung mematikannya ketika terjadi sesuatu yang tidak normal. Maksudnya begini, jika suatu saat suara mesiin dari genset mendadak tidak lancar. Anda harus segera mengambil tindakan dengan mematikannya dann langsung memperbaiki masalah tersebut secepatnya.

  • Tidak menyentuh terminal output

Selanjutnya, pastikan kalau Anda tidak menyentuh bagian terminal outputnya pada saat genset sedang beroperasi. Ketika Anda menyentuh bagian terminal outputnya, maka bisa menimbulkan sengat listrik yang sangat tnggi. Maka dari itu, disarankan Anda memutuskann circuit breaker (MCCB) pada saat hendak memasang kabel power.

  • Merawat bagian instrument kabel

Bagian instrument kabel genset merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatkan dan wajib untuk dirawat dengan sangat baik. Sebab, kabel-kabel pada genset tersebut merupakan bagian yang sangat penting dan tidak boleh luput dari perhatian Anda.

  • Menjaga kebersihan genset

Ingat, menjaga kebersihan genset merupakan salah satu cara menjaga kinerjanya agar tetap berjalan optimal. Jadi, pastikan bahwa tidak ada minyak, kotoran, debut hingga yang air yang menempel pada genset, khususnya di bagian radiatornya. Anda harus memerhatikan bagian tersebut dengan lebih teratir agar genset tidak mudah mengalami kerusakan.

  • Sirkulasi udaranya harus bagus

Jika Anda ingin genset 3 phase Anda awet, maka Anda harus mengoperasikanny pada ruangan yang sirkulasi udaranya benar-benar baik. Sebab, terdapat udara panas yang akan dikeluarkan oleh radiator genset dan harus dikeluarkan melalui cerobong dan tidak diperkenankan ada aliran balik lagi agar membuat mesin genset tidak terlalu panas.

  • Mengganti sparepart yang sudah using

Cara merawat yang terakhir yaitu mengganti sparepart dari genset yang sudah usang alias sudah lama. Bagian-bagian genset yang sudah using akan menyebabkan kinerja genset menjadi tidak optimal, maka dari itu Anda perlu menggantinya secara berkala agar kinerjanya tetap berjalan dengan baik tanpa hambatan yang penting.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *